Beberapa orang tua pernah bilang bahwa anak muda sekarang tuh beda banget sama anak muda zaman dulu, kalo dulu anak muda tuh banyak banget yang bersemangat dan tidak loyo. Namun karna sekarang era digital dan serba instant membuat anak muda sekarang banyak yang menghabiskan waktunya hanya untuk bersenang-senang sehingga lupa untuk menggapai cita-citanya.

Melanjutkan pembahasan tentang Terapkan 10 Hal Ini Akan Membuat Kamu Lebih Unggul Di Bandingkan Orang Lain dan sekarang akan membahas hal-hal yang harus dilakukan ketika masih muda.

Berikut ada kutipan jawaban dari beberapa teman quora yang bertanya tentang hal berikut :

Penjelasan ini adalah beberapa rangkuman dari jawaban Kaushal Tomar dan sedikit saya tambahkan dengan pengalaman yang pernah saya lalui tentang poin-poin penting pada pembahasan dibawah ini.

Begini Cara Agar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Di Masa Muda

BIASAKAN BANGUN DIPAGI HARI

  • Biasakan bangun pagi jam 04.30
  • Bagi yang muslim wajib melakukan Solat subuh
  • Dengan melakukan bangun pagi, waktu dalam sehari akan lebih banyak bisa kamu habiskan untuk hal-hal yang berguna
  • Bisa mempersiapkan hari lebih baik karena waktu bersiap-siap dipagi hari sangat banyak

Pengalaman Pribadi :

Untuk bisa bangun pagi tuh gak gampang, memang gak gampang tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dulu ketika awal-awal membiasakan bangun pagi tuh memang berat banget, nah gimana caranya agar tidak terasa berat untuk bangun pagi ? Berikut cara kaizen (bertahap) yang saya terapkan untuk menjadikan bangun pagi sebuah kebiasaan :

  1. Di hari pertama cobalah untuk bangun jam 04.30 tapi cobalah untuk sekedar bangun lalu melek mata hingga sekitar 5-10 menit tanpa melakukan apapun, kemudian kamu tidur lagi
  2. Di hari kedua kemudian coba untuk bangun lagi jam 04.30 kemudian diam 5-10 menit, lalu cuci muka dan lakukan gerakan peregangan di kamar dan jika masih ngantuk juga sehabis itu tidur lagi tidak apa-apa.
  3. Di hari ketiga kemudian coba untuk bangun lagi jam 04.30 kemudian cuci muka dan coba untuk keluar rumah dan menghirup udara segar, kalo masih ngantuk tidur lagi aja gpp.
  4. Di hari keempat bangun lagi jam 04.30 kemudian cuci muka dan coba ke taman yang ada didaerah rumahmu, kemudian jalan mengitari taman tersebut.
  5. Di hari kelima biasanya sudah otomatis nih bangun jam 04.30 dan seterusnya juga akan otomatis biasanya kebangun dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan bangun pagi.

SELALU BERDOA DAN BERSYUKUR

  • Berdoa dan bersyukur merupakan suatu kewajiban sebagai manusia untuk menysyukuri segala nikmat yang hari itu diberikan
  • Dengan berdoa membuat hati lebih tenang dan fikiran tenang
  • Berdoa untuk tujuan dan cita-cita secara konsisten

Pengalaman Pribadi :

Berdoa merupakan kewajiban dari setiap manusia yang beragama, namun terkadang manusia lupa akan berdoa dan memohon kepada tuhan sehingga campur tangan tuhan dalam usaha yang dilakukan orang tersebut tidak ada dan akhirnya sulit mendapatkan apa yang diinginkan oleh orang tersebut.

Dulu ketika saya kurang berdoa kepada tuhan tuh setiap hari bawaannya seperti hidup gini-gini aja ga ada perkembangan dan yaudah intinya tuh hidup ngebosenin banget tiap hari melakukan hal yang sama dan tidak ada titik terang akan sebuah kehidupan yang lebih baik.

Namun setelah mendengarkan salah satu ceramah ustadz ada kata yang saya ingat kira-kira begini

tuhan tuh ga mau kalo umatnya sombong, makanya sebagai manusia kita harus minta terus kepada tuhan, semakin banyak yang diminta tuhan akan semakin senang karena berarti kita masih tergangung kepada kehendak tuhan. ”

Nah dari kalimat itu seketika saya sadar dan akhirnya mulai menerapkan doa konsisten, maksudnya doa yang itu-itu aja terus sampe tuhan mengabulkan doa saya, dan akhirnya hidup menjadi lebih terarah dan ada secercah harapan bahwa hidup ini sangatlah penting dan tidak pantas untuk di sia-siakan.

Logikanya gini, ketika kamu bilang hidup ini membosankan. Banyak loh orang dirumah sakit yang hidupnya sekarat ataupun sudah hampir meregang nyawa dan berdoa kepada tuhan untuk disembuhkan dari penyakitnya agar bisa menjalankan kehidupan seperti hari-hari biasa, nah kenapa kita tidak bersyukur dan belajar dari mereka.

Toh mereka aja berdoa agar diberikan kesembuhan agar bisa menjalankan aktifitas seperti biasa, nah kita yang udah jelas sehat masih bisa menjalankan kehidupan sehari-hari secara normal malah bilang hidup ini membosankan ?

Mungkin ada yang salah dengan hati kamu, coba kamu mendekatkan diri lagi sama tuhan agar hati kamu lebih lapang menjalankan hari-hari.

WAJIB MELAKUKAN OLAHRAGA

  • Dengan melakukan rutin olahraga akan membuat melancarkan peredaran darah dan membuat otak dan jasmani lebih sehat
  • Lakukan olahraga secara teratur selama 30 menit setiap pagi
  • Olahraga tidak harus wajib ke GYM , bisa hanya dengan peregangan otot dan pemanasan yang sederhana
  • Utamakan pergi ke taman atau tempat lari agar fikiran lebih fresh dan lebih positif.

Pengalaman Pribadi :

Nah ini memang terkadang berat banget untuk dilakukan, apalagi kita sebagai kaum pecinta rebahan yang kerjanya cuma didepan laptop dan gak keluar-keluar kamar tentu menjadi sangat melelahkan jika harus pergi keluar untuk berolahraga.

Namun untuk memulai olahraga terkadang harus mempunyai keinginan yang kuat, saya pun juga begitu. Untuk membuat diri saya sendiri konsisten berolahraga setidaknya membutuhkan waktu sekitar 25 hari dan akhirnya sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Di hari ke 25 saya baru bisa menambah porsi olahraga saya, oh iya olahraga yang saya lakukan adalah lari setiap sore, awalnya saya lari hanya kuat sekitar 700 meter itu di hari ke 25.

Saya punya target di hari ke 45 saya harus mampu lari hingga 5 km setiap harinya dan akhirnya tercapai bahkan dihari ke 60 saya bisa berlari secara rutin diantara 7-10 km setiap harinya.

Ya untuk dapat berlari sejauh 10km kamu harus membiasakanya pelan-pelan dan jangan langsung pertama lari langsung 10km itu jelas bukan kesehatan yang kamu dapatkan malah penyakit.

Ya intinya kalo kamu mau membiasakan diri untuk olahraga harus pelan-pelan jangan langsung olahraga berat, di sarankan untuk memulai dari hal yang terkecil terlebih dahulu dan setiap hari harus ditambahkan hingga mencapai target yang diinginkan.

LAKUKAN MEDITASI SELAMA 10-15 MENIT SEBELUM BERANGKAT KERJA

  • Meditasi juga sudah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi
  • Lakukanlah setiap hari maka akan dapat meningkatkan fokus
  • Mengelola fikiran otak menjadi selaras dengan yang dilakukan
  • Mengurangi kegelisahan Dan depresi
  • Membuat otak siap menerima pekerjaan berat

Pengalaman Pribadi :

Kebetulan saya punya seorang praktisi pekerja kantoran tetapi saya selalu melakukan hal ini setiap pagi, dengan bermodalkan minum 1 gelas air putih ketika bangun dan musik meditasi dari spotify dan saya melakukannya antara 5-10 saja karena jika saya melakukan meditasi diatas 25 menit yang ada malah ngantuk lagi dan berakhir dengan tidur lagi, ehehe (ngga ini bercanda) , ya biasanya saya lakukan cuma 10 menit saja. Setelah itu saya merasa otak menjadi lebih tajam dan lebih mudah menangkap setiap hal yang saya pelajari.

BERHENTI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

  • Media sosial hanya membuat tingkat kecemasan semakin tinggi
  • Media sosial hanya membuang waktu
  • Meningkatkan depresi para remaja
  • Selama tidak ada guna positifnya lebih baik hapus
  • Media sosial tidak sehat karena sebagai media pamer

Pengalaman Pribadi :

Nah yang ini memang berat banget untuk dilakukan tapi saya sudah memperaktekannya selama 1 bulan tidak menggunakan Instagram pribadi dan facebook pribadi dan saya hanya menggunakan public account saja yang kebetulan saya kelola di kedua platform tersebut. Dan hasilnya gimana ?

  1. Kehidupan saya lebih tenang
  2. Tidak adanya rasa iri terhadap orang lain
  3. Tingkat depresi saya sangat signifikan turun
  4. Lebih merasa bodo amat dengan orang yang tidak penting
  5. Hidup jadi semakin bermakna karna tidak melulu harus diabadikan
  6. Menjadi tidak kecanduan handphone
  7. Hidup tidak ada drama

LATIH & KONTROL EMOSI

  • Emosi bisa membuat berantakan
  • Emosi jika tidak di kendalikan maka akan mengendalikan dirimu
  • Emosi jika di latih bisa membuat kamu lebih berkarisma
  • Emosi jika di kendalikan bisa menjadi bahan bakar semangat
Buku-untuk-mengontrol-kecerdasan-emosional
Buku-untuk-mengontrol-kecerdasan-emosional

Pengalaman Pribadi :

Nah untuk emosi ini bisa dibilang adalah salah satu hal yang ada hubungannya dengan kecerdasan emosional (EQ). Kebetulan saya sedang membaca buku tentang hal ini dan belum rangkum selesai dan mudah-mudahan 1 minggu ini dapat selesaikan buku ini.

Jika kamu bisa mengendalikan emosi kamu akan memenangkan semua pertarungan, dan itulah sebabnya orang cerdas secara intelektual belum tentu bisa cerdas juga secara emosional.

Hal ini dapat mempengaruhi cara bergaul dan berinteraksi terhadap sesama manusia, dan semakin kamu bisa latih emosi semakin banyak keuntungan yang didapatkan dan semakin banyak relasi tentunya.

Banyak orang dikuasai oleh nafsu dan emosi sehingga hidupnya berantakan, namun ketika emosi dan nafsu bisa kamu kuasai semua akan berbalik dan menjadi berkat, ingatlah tuhan menciptakan segala sesuatunya pasti punya manfaat begitupun dengan emosi jika di kendalikan dengan baik akan mendatangkan sebuah manfaat.

HINDARI PERDEBATAN MESKIPUN BENAR

  • Berdebat hanya membuang-buang waktumu
  • Berdebat hanya terlihat kamu semakin bodoh
  • Berdebat tidak akan membawa dampak positif
  • Berdebat akan membuat kamu makin emosi

Pengalaman Pribadi :

Duh ini banyak banget kejadian di sekitar kita setiap hari yang terkadang geregetan sendiri dan ingin berkecimpung di diskusi yang tida berfaedah, misalnya beberapa grup facebook.

Sering sekali saya temukan ketika sedang mencari inspirasi dan bahan untuk artikel saya mencoba untuk membaca-baca forum diskusi dan biasanya jika ada yang membahas politik rasa-rasanya ingin ikutan memanaskan suasana dan menyuarakan kebenaran.

Namun setelah saya fikir-fikir lagi untuk apa ya kalopun saya benar didiskusi tersebut tetapi mereka tidak menerima komentar dan masukan saya buat apa juga mereka tetap akan menepisnya dan akhirnya main kuat-kuatan argumen yang tiada henti.

SANTUN DAN HORMAT KEPADA SIAPAPUN

  • Jika kamu ingin dihormati maka hormatilah orang lain
  • Hormat dan Santun membawa kamu kepada kebaikan
  • Hormati orang lain sebagai manusia jangan karna jabatan
  • Jika kamu menghormati semua orang, maka tuhan akan memberikan kehormatan lebih baik untuk kamu

DENGARKAN KRITIK DAN ABAIKAN KOMENTAR

  • Dengarkan setiap keritik yang membangun
  • Abaikan setiap komentar negatif kepada dirimu
  • Dengarkan masukan dari setiap orang, karena nilai dan pengalaman orang itu berbeda-beda walaupun dia hanya seorang tukang sapu jalanan
  • Jika ada komentar tidak penting hormati mereka tetapi jangan dibawa fikiran dan abaikan saja setelah itu

JANGAN MINUM ALKOHOL DAN MEROKOK

  • Rokok sudah jelas tidak ada manfaatnya
  • Minum alkohol hanya akan membuat situasi lebih buruk
  • Bersenang-senang bisa walaupun tanpa rokok dan alkohol
  • Merokok dan Alkohol akan membuat kesehatan semakin buruk

BIASAKAN MEMBACA MINIMAL 1 BUKU SETIAP BULAN

  • Membaca membuat pengetahuan lebih luas
  • Membaca dapat membuat lebih pintar
  • Membaca dapat meningkatkan IQ
  • Membaca membuat kamu semakin lebih berkharisma
MEMBACA-MINIMAL-1-BUKU-SETIAP-BULAN
MEMBACA-MINIMAL-1-BUKU-SETIAP-BULAN

Pengalaman Pribadi :

Saya sendiri sudah mulai menerapkan minimal membaca 1 buku setiap bulan, dan hasilnya sangat memuaskan sejauh ini. Waktu untuk bermain game saya alokasikan untuk membaca buku dan akhirnya saya menjadi tahu banyak tentang hal sebelumnya saya sangat awam apalagi tentang filsafat dan self improvement.

Dan memberikan saya banyak inspirasi ketika menulis dan lebih berbobot isinya ketika berbincang dengan orang lain ataupun menyelesaikan masalah menjadi lebih mengandalkan logika yang lebih tajam dari pada sebelumnya.